Soal UAS Belajar & Pembelajaran TIK (Dr. Rusman, M. Pd)

-->


DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
PRODI TEKNOLOGI PENDIDIKAN – GURU TIK
Jl. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung 40154 Telp. (022) 2001197  Fax. (022) 2005090
 



SOAL AKHIR SEMESTER

Mata Kuliah       : Belajar dan Pembelajaran TIK
SKS                    : 3 SKS
Dosen                 : Dr. Rusman, M.Pd.
Sifat                   : Take Home








PETUNJUK:
E Jawablah Pertanyaan di bawah ini dengan tepat dan jelas.
E Jawaban diketik pada kerta A4 spasi 1,5 font Times New Roman atau Arial 12
E Jawaban dikumpulkan tanggal 30 Agustus 2010 melalui ketua tingkat atau di-email-kan ke alamat: rusman_71@yahoo.com
E Sertakan sumber rujukan yang Anda gunakan
E Jawaban yang sama  persis dianggap tidak ada

SOAL

1.    Kegiatan pembelajaran dilakukan oleh dua orang pelaku, yaitu guru dan siswa. Perilaku guru adalah membelajarkan dan perilaku siswa adalah belajar. Berkenaan dengan hal tersebut coba Anda lakukan analisis komprehenship apa hakekat dari belajar dan pembelajaran yang sesungguhnya. Bagaimana posisi guru yang seharusnya dalam kegiatan pembelajaran tersebut?

2.    UNESCO telah mengeluarkan empat pilar pembelajaran, yaitu learning to know, learning to be, learning to life together, dan learning to do. Coba Anda jelaskan apa maksud dari ke empat pilar pembelajaran tersebut. Bagaimana implementasi dan implikasinya dalam kegiatan pembelajaran di madrasah.

3.    Hasil berbagai penelitian para ahli tentang kegiatan guru dan siswa dalam kaitannya dengan penguasaaan bahan pembelajaran adalah model pembelajaran.
Berkenaan dengan hal tersebut coba Anda jelaskan:
a.       Ciri-ciri Model Pembelajaran
b.      Empat jenis Model Pembelajaran berdasarkan Teori



4.    Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi membawa dampak yang luar biasa dalam kegiatan pembelajaran. Ada empat pola pembelajaran dilihat dari penggunaan TIK atau media, yaitu Pola Pembelajaran Tradisional 1, Pola Pembelajaran Tradisional 2, Pola Pembelajaran Guru-Media, dan Pola Pembelajaran Bermedia. Coba Anda jelaskan keempat pola pembelajaran tersebut disertai dengan contohnya. Dari keempat pola tersebut manakah yang paling baik berkenaan dengan penggunaan TIK dalam kegiatan pembelajaran.

5.    Salah satu penentu kualitas pendidikan adalah Guru yang professional. Menurut Anda seperti apakah guru yang professional itu? Berikan argumentasi Anda secara utuh tentang sosok guru yang professional tersebut.

6.    Pemerintah melalui BSNP telah mengeluarkan Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007  tentang Standar proses  Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, salah satu yang distandarkan adalah perencanaan proses pembelajaran. Coba Anda buat RPP untuk mata pelajaran TIK yang sesuai dengan standar proses pembelajaran, dimana dalam kegiatan pembelajaran (Kegiatan Inti) ada kegiatan Eksplorasi, Elaborasi dan Konfirmasi.




-Selamat Bekerja-

0 komentar: